TIK Yang Bermanfaat Bagi Dunia Pendidikan

TIK Yang Bermanfaat Bagi Dunia Pendidikan

Dahulu proses belajar mengajar menghabiskan yang namanya Kapur, Penghapus baru, papan Tulis, Hingga Spidol. Dalam hal ini penggunaan dengan menggunakan perkembangan teknologi pun sudah dijalankan. Yakni, dengan berkembangnya dunia TIK.saat ini dengan memanfaatkan TIK di dalam pendidikan sudah sangat jauh berkembangnya. Dimana nantinya kalian sebagai murid hanya perlu mencopy materi pembelajaran dari guru kalian melalui FlashDisk , E-Mail, bahkan tinggal membuka dari sebuah web saja.

Namun, tahukah kalian sudah seberapa jauh, perkembangan TIK ini bagi dunia pendidikan ? mari kita jabarkan sedikit peranan atau manfaat ayng bsia diberikan dari TIK ini.

Dalam Proses Pembelajaran

Untuk meningkatkan suatu kualitas pendidikan, cara tradisional atau konvensional dengan menulis secara langsung saja menggunakan sebuah buku tulis dan sebuah alat bantu pena tidak serta merta cukup bagi siswa. Siswa tahun ini akan jauh berbeda denagn siswa 10 tahun yang lalu. dimana, prasarana teknologi belu memadai seperti ini.  sudah umum sekali para siswa saat ini sangat amat kritis dalam perkembangan teknologi yang ada. Sistem pembelajaran dengan menggunakan basis multimedia pun sudah dijalankan. Karena efektif ada teks, gambar, suara bahkan video penjelasannya.

Kini sudah waktunya guru dan juga siswa memiliki kolaborasi demi memajukan dunia pendidikan. Dengan kalian memanfaatkan fasilitas Internet yang telah disediakan oleh sekolah, maka semuanya yang ada di sekolah bisa belajar lebih dari 1 sumber. Ini dinamakan sebagai konsep Edutainment dengan memiliki perpaduan dari Education dan Entertainment.

Dalam proses Administratif

Waktu kecil dulu, mimin menggunakan abesn dengan sistem sebut nama. Manual sekali bukan caranya ? hal ini bisa dikatakan repot untuk dilakukan di era modern seperti ini. di era digital ini, kalian bsia menggunakan teknologi baru yang dimana ini memang berbasis online untuk masalah absensi. Misal saja kalian bisa menyuruh siswanya untuk membuat masing-masing 1 E-Mail sebagai salah satu identitas pelajar selain dari kartu pelajar yang ada. Untuk absensi kalian tinggal menggunakan akun email saat pendataan absensi.

Data absen ini anntinya akan langsung masuk ke database sekolahan sehingga nantinya kalian sebagai guru tingga hanya melakukan pengecekan saja. Namun, missnya adalah harus dibutuhkan sedikit waktu untuk mpara guru dan staff sekolahan untuk bisa menggunakan ini dengan bebarengan. Jika tidak, bisa juga akun E-Mail dari si siswa ini kalian gunakan untuk pembagian materi tanpa harus repot-repot memfotocopy berlembar-lembar kertas lagi nantinya.

Hambatan Yang Terkadang Dialami

Penghambatan TIK dalam sekolahan biasanya hanyalah Koneksi Internet yang dirasa belum stabil dan masih menjadi salh satu fasilitas termahal yang ada di indonesia. Sehingga dalam hal ini, belum bisa memaksimalkan pemanfaatan TIK ini secara menyeluruh.

Masalah Pengkoneksian

Lagi-lagi masalah pada koneksi internet. Dimana terkadang memiliki jaringan yang dikatakan lelet, lola, atau semacamnya yang tidak stabil. Hal ini sebenanrnya bsia diatasi dengan pemilihan Provider Internet yang berkualitas. Terlebih lagi jika jaringan koneksi sudah 4G pastinya sudah sangat bsia dinikmati di Indonesia. Dalam hal ini kedepannya , internet bisa menjadi salah satu kebutuhan yang primer melihat dari adanya gerakan teknologi yang terus menerus berkembang semakin canggih.

Memiliki Pembatasan Pada Konten

Jika nantinya koneksi internet sudah tidak menjadi hambatan, selanjutnya adalah pembatasan konten atau informasi bagi anak anak dan pelajar yang menjadi salah satu sumber ke khawatiran. Hal ini bisa ko oleh pihak sekolah atasi dengan mel;akukan pem-Blockingan terhadap situs-situs yang dirasa tidak diperlukan dalam soal pembelajaran. Misal saja pembatasan sosial media, game dan pastinya konten dewasa.

Belum Terdapat Infrastruktur Yang Siap

 Hambatan yang penting sekali ialah adanya pemanfaatan teknologi bagi pendidikan yang belum siap akan staff dan juga guru bagi perubahan didalam sistemnya.  Ini bisa dilihat dari sistem Infrastrukturnya dan juga sumber daya manusianya. Hal ini dirasa karena Infrastruktur IT cukup memberatkan dari segi pemeliharaan dan juga SDM yang merasa kesulitan didalam menggunakan teknologi baru tersebut.

Padahal, jika kalian menggunakan Google Apps untuk education pastinya bisa meningkatkan produuktivitas kalian dalam amsalah belajar dan juga kefektivitasan sekolah yang dapat menjadi suatu pilihan yang patut untuk dipertimbangkan.